Proses Komunikasi
Proses
komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya,
sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan
komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi
yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi,
banyak melalui perkembangan.
Proses
komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada
penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Proses komunikasi yang
efektif terdiri dari unsur-unsur seperti berikut :
o
Komunikator
(Pengirim)
o
Penyandian
(Encoding)
o
Pesan
o
Perantara
(Media)
o
Penerima
(Receiver)
o
Penafsiran
(Decoding)
o
Umpan
Balik (Feedback)
o
Gangguan
(Noise)
Komunikator (Pengirim)
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam
sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang
atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah
hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada
penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab
pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena
dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun
tidak langsung.
Penyandian
(Encoding)
Setelah adanya komunikator, harus
ada penyandian yang menerjemahkan gagasan komunikator menjadi serangkaian tanda
yang sistematis menjadi bahasa yang mengungkapkan tujuan komunikator. Bentuk
utama penyandian adalah bahasa. Misalnya, seorang manajer sering mendapat
informasi akuntansi, laporan penjualan, dan data komputer yang diterjemahkannya
menjadi pesan. Dengan demikian, fungsi penyandian adalah menyediakan bentuk
tertentu agar gagasan dan tujuan dapat diungkapkan sebagai sebuah pesan.
Pesan
Pesan adalah informasi yang akan
disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non
verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
Materi pesan dapat berupa :
a.
Informasi.
b.
Ajakan.
c.
Rencana
kerja.
d.
Pertanyaan
dan sebagainya.
SUMBER :
Proses Komunikasi
[Diakses 28 April 2012]
Komunikator [Diakses 28 April 2012]
Penyandian (Encoding) [Diakses 28 April 2012]
Pesan [Diakses 28 April 2012]
0 comments:
Posting Komentar