Sabtu, 28 April 2012

Proses Komunikasi I

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan.
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi. Proses komunikasi yang efektif terdiri dari unsur-unsur seperti berikut :
o      Komunikator (Pengirim)
o      Penyandian (Encoding)
o      Pesan
o      Perantara (Media)
o      Penerima (Receiver)
o      Penafsiran (Decoding)
o      Umpan Balik (Feedback)
o      Gangguan (Noise)


Komunikator (Pengirim)

Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penyandian (Encoding)
Setelah adanya komunikator, harus ada penyandian yang menerjemahkan gagasan komunikator menjadi serangkaian tanda yang sistematis menjadi bahasa yang mengungkapkan tujuan komunikator. Bentuk utama penyandian adalah bahasa. Misalnya, seorang manajer sering mendapat informasi akuntansi, laporan penjualan, dan data komputer yang diterjemahkannya menjadi pesan. Dengan demikian, fungsi penyandian adalah menyediakan bentuk tertentu agar gagasan dan tujuan dapat diungkapkan sebagai sebuah pesan.

Pesan
Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.
Materi pesan dapat berupa :
a.        Informasi.
b.        Ajakan.
c.        Rencana kerja.
d.        Pertanyaan dan sebagainya.


SUMBER :
Proses Komunikasi [Diakses 28 April 2012]
Komunikator [Diakses 28 April 2012]
Penyandian (Encoding) [Diakses 28 April 2012]
Pesan [Diakses 28 April 2012]

0 comments:

Posting Komentar