Minggu, 28 November 2010

Tugas ISD 9


ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

Definisi Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah suatu proses pemikiran dan analisis yang rasional, sistematik logic, dan konsisten. Hasilnya dari ilmu pengetahuan dapat dibuktikan dengan percobaan yang tranparan dan objektif. Ilmu pengetahuan mempunyai spektrum analisis amat luas, mencakup persoalan yang sifatnya supermakro, makro dan mikro. Hal ini jelas terlihat, misalnya pada ilmu-ilmu: fisika, kimia, kedokteran, pertanian, rekayasa, bioteknologi, dan sebagainya. 
(SUMBER)
Hasil lainnya, Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.
Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.
Study Kasus
Cara Mudah Mengurangi Bau Menyengat Dari Cat
Mengecat ulang rumah merupakan salah satu cara untuk mempertahankan agar dekorasi rumah tetap menarik. Namun, selama melakukan pengecatan seringkali kita terganggu oleh bau cat yang cukup menyengat, bahkan bagi sebagian orang bisa menyebabkan kepala pusing.
cara mudah yang dapat dilakukan agar selama rumah atau ruangan dicat, kita bisa mengurangi bau yang ditimbulkannya. 
  1. Potong beberapa buah bawang merah menjadi dua bagian, dan letakan di atas piring. Selanjutnya, letakan piring tersebut di tempat di mana pengecatan dilakukan.
  2. Pada saat pengecatan dihentikan, misalnya untuk jeda atau istirahat, masukkan kuas atau rol untuk mengecat ke dalam plastik yang tertutup atau berseal. Selain untuk menghindari menguapnya pelarut dalam cat, plastik ini berfungsi pula agar kuas atau rol tidak cepat mengeras karena cat yang menempel menjadi kering.
  3. Bila kita menggunakan baki atau tray selama pengecatan, simpan juga ke dalam plastik yang tertutup. 
  4. Tutup rapat kaleng cat atau wadah tempat menyimpan cat bila sedang tidak digunakan.

OPINI
Artikel di atas adalah sebagian kecil dari contoh ilmu pengetahuan. Walaupun kelihatannya sepele dan mudah, tanpa menganalisa dan mencoba kita takkan tahu dan memperoleh ilmu dari sesuatu yang paling mudah sekalipun. Maka dari itu ilmu pengetahuan sangatlah berharga walaupun kecil nilainya.


Definisi Kemiskinan, Teknologi, dan Nilai
Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.
Hasil lainnya, Kemiskinan merupakan masalah multidimensi dan lintas sektor yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, antara lain: tingkat pendapatan, kesehatan, pendidikan, akses terhadap barang dan jasa, lokasi, geografis, gender, dan kondisi lingkungan.

Teknologi
Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri. Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, menginventarisasi yang kita miliki, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadap transformasi budaya kita. Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.

Nilai
Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa "cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan.


Hasil Lainnya, Nilai (value) adalah kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia. Sifat dari suatu benda yang menyebabkan menarik minat seseorang atau kelompok. Jadi nilai itu pada hakikatnya adalah sifat dan kualitas yang melekat pada suatu obyeknya. Dengan demikian, maka nilai itu adalah suatu kenyataan yang tersembunyi dibalik kenyataan-kenyataan lainnya.
Menilai berarti menimbang, suatu kegiatan manusia untuk menghubungkan sesuatu dengan sesuatu yang lain kemudian untuk selanjutnya diambil keputusan. Keputusan itu adalah suatu nilai yang dapat menyatakan berguna atau tidak berguna, benar atau tidak benar, baik atau tidak baik, dan seterusnya. Penilaian itu pastilah berhubungan dengan unsur indrawi manusia sebagai subjek penilai, yaitu unsur jasmani, rohani, akal, rasa, karsa dan kepercayaan.
Dengan demikian, nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, memperkaya bathin dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong dan mengarahkan (motivator) sikap dan perilaku manusia. Nilai sebagai suatu sistem merupakan salah satu wujud kebudayaan di samping sistem sosial dan karya. Oleh karena itu, Alport mengidentifikasikan nilai-nilai yang terdapat berarti menimbang, suatu kegiatan manusia untuk dalam kehidupan masyarakat pada enam macam, yaitu : nilai teori, nilai ekonomi, nilai estetika, nilai sosial, nilai politik dan nilai religi.

STUDY KASUS

Sulitnya Mencari Pekerjaan

Kalo bicara pekerjaan, tentu pikiran kita akan tertuju pada hal-hal yang negatif. Apa boleh dikata, pekerjaan merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh kita agar dapat membiayai kehidupan kita. Jika engga’ punya pekerjaan, hal itu yang akan menjadi masalah besar. Apakah anda tahu, sekitar setengah populasi di dunia ini, yang sebagian besarnya penduduk negara berkembang terdiri dari para pengangguran? Hal ini sangat memprihatinkan jika anda melihat ini dari sisi yang berbeda. Lalu apa yang menyebabkan mereka menjadi seorang pengangguran?
Di Indonesia, banyak saudara kita yang berteriak kepada pemerintah untuk diberikan pekerjaan. Tapi entah kenapa, saya sedikit bingung dengan perlakuan masyarakat Indonesia. Mereka selalu mengandalkan pemerintah. Sedangkan mereka sendiri tidak berusaha mencari pekerjaan yang layak. Lalu jika lamaran kerja mereka tidak diterima di suatu perusahaan, apakah itu juga salah pemerintah? Di dunia ini, banyak perusahaan-perusahaan kelas atas yang kesulitan mencari tenaga kerja terampil. Akan tetapi, hal ini justru terbalik jika dibandingkan dengan Indonesia yang justru kesulitan mencari lapangan pekerjaan.
Yah, di Indonesia sebenernya banyak tenaga kerja. Tapi sayangnya kebanyakan tenaga kerja yang ada di Indonesia berupa tenaga kerja kasar. Sedangkan, perusahaan-perusahaan kelas atas tersebut membutuhkan tenaga kerja yang terampil dan professional. Bagaimana kita menyelesaikan simpul yang rumit ini? Sebenernya sih gampang aja. Kita sebagai rakyat biasa hanya dituntut untuk memiliki skill. Kalo udah ada kemampuan khusus, kita sudah dipastikan dapat bernapas lega. Lalu setelah memiliki kemampuan/skill tersebut, kita harus mencari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan kita.
Ada beberapa skill dan syarat-syarat tertentu yang biasanya dibutuhkan perusahaan kelas atas. Pertama, kemampuan bahasa Inggris. Di era globalisasi ini, kemampuan bahasa Inggris sangat dituntut dalam suatu pekerjaan. Hampir tidak ada satu pun pekerjaan yang tidak membutuhkan bahasa Inggris. Oleh karena itu, kemampuan bahasa Inggris yang bagus sangat berpengaruh terhadap peluang seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Kedua, yaitu dibutuhkannya tenaga kerja professional. Yang dimaksud tenaga kerja professional disini yakni seseorang dituntut untuk bekerja sesuai dengan kemampuannya, dan tetap fokus saat bekerja. Biasanya perusahaan-perusahaan membutuhkan seseorang yang bekerja cepat, tetapi dengan hasil yang memuaskan. Jika ada seseorang yang males, maka jelas dia tidak dibutuhkan di sebuah perusahaan kelas atas. Seseorang yang memiliki kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi yang baik akan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Maksud disini, perusahaan membutuhkan seseorang yang dapat menarik para konsumen. Untuk menarik para konsumen, maka seseorang harus memiliki kemampuan berbicara yang baik. Jika tidak, maka para konsumen pun tidak tertarik akan suatu produk perusahaan tersebut. Memiliki wawasan yang luas menjadi syarat yang terakhir yang dibutuhkan suatu perusahaan. Jika anda bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi, maka anda harus memiliki semua wawasan yang terkait dengan telekomunikasi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pekerjaan mereka.

OPINI
Contoh di atas adalah kenyataan yang sekarang terjadi di Indonesia. Mengapa demikian?, karena di Indonesia tenaga kerjanya hanya mengandalkan fisik bukan skill. Namun, menurut saya keadaan yang seperti ini tidak bisa sepenuhnya disalahkan oleh manusianya. Karena mungkin mereka yang kedapatan mengalami keadaan dimana perekonomian mereka yang sulit, yang mengakibatkan mereka tidak mendapatkan pendidikan bahkan tidak mengikuti perkembangan zaman dengan adanya teknologi. Namun banyak juga mereka yang beruntung namun malas sehingga mereka tidak memiliki skill. Dalam contoh di atas, nilai, kemiskinan dan teknologi menurut saya saling berhubungan, karena kemiskinan bisa saja membuat kita ketinggalan teknologi karena kurangnya pendidikan. Maka dari itu jika kita lebih beruntung dari mereka yang berkehidupan susah, alangkah baiknya kita mencari ilmu setinggi mungkin dan manggali skill kita agar kehidupan bisa menjadi lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar