Sabtu, 24 Maret 2012

Membubuhkan Referensi


Referensi ternyata hal yang masih dianggap sepele oleh banyak orang. Banyak orang yang mengutip tulisan orang tanpa seizing penulisnya. Maka dari itu tak sedikit orang yang menyebutnya “PLAGIAT” atau pencuri, karena mengutip tulisan seseorang tanpa izin penulisnya. Jadi agar kita tidak dianggap plagiat alangkah baiknya kita membubuhkan referensi pada tulisan kita, terkecuali tulisan itu memang original dari kita sendiri.
Apabila kita menulis di blog, dan di dalam tulisan itu kita mengutip sedikit dari tulisan atau jurnal seseorang, sebaiknya kita menuliskan referensinya. Jadi jika suatu saat sang penulis melihat kutipannya, ia tak akan menganggap kita plagiat yang mengganggu privasinya dengan mengutip tulisannya tanpa seizinnya. Referensi tidak harus detail jika kita tidak tahu tatacara penulisan referensi yang benar. Hanya cukup kita bubuhkan alamat atau link web dari tempat kita mengutip tulisan tersebut.
Jika ingin belajar menuliskan referensi yang benar, bisa lihat disini “Penulisan Referensi Menurut Sistem Harvard”. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu para blogger dan mengurangi para plagiator-plagiator yang suka mengakui hasil karya seseorang.

1 komentar: