Mengelola Perubahan Organisasi
Perubahan Proaktif (yang
Direncanakan)
Melalui
pelaksanaan berbagai investasi waktu dan sumber daya lainnya yang berarti untuk
mengubah cara-cara operasi organisasi. Pendekatan ini mengantisipasi perubahan-perubahan
dalam lingkungan internal dan eksternal, melibatkan keterikatan waktu dan sumber daya lebih besar,
memerlukan ketrampilan dan pengetahuan yang lebih bagi kesuksesan
implementasinya dan dapat menimbulkan masalah-masalah yang lebih besar bila
implementasinya gagal. Karena kompleksitas dan kecepatan perubahan yang
terjadi, manajer harus lebih memahami
pentingnya dan menggunakan perubahan organisasi yang direncanakan.
Salah satu cara membentuk struktur organisasi adalah
dengan membuat disain organisasi (organization design). Disain organisasi
sendiri merupakan pembentukan peran (roles), aktifitas pengolahan (process),
dan bentuk hubungan formal (formal relationship) dalam suatu organisasi.
Didalamnya, ada pengembangan struktur keseluruhan di dalam organisasi baik unit
maupun sub-sub unitnya, serta definisi peran dan proses yang lebih detil dalam
unit maupun sub unit tersebut.
Di dalam pembentukan struktur organisasi itu sendiri,
ada beberapa prinsip dasar yang harus dimiliki oleh struktur organisasi
tersebut, diantaranya :
a.
Struktur organisasi memberi prioritas pada pelanggan kunci (key customer
priorities)
b.
Struktur tersebut mampu mengurangi dan menghilangkan duplikasi organisasi
c.
Struktur menyederhanakan lapisan manajemen di dalam organisasi.
d.
Struktur organisasi dapat meningkatkan saluran komunikasi (channel of
communication) di dalam organisasi.
e.
Struktur organisasi tersebut memberikan peran, tanggungjawab yang jelas
serta memiliki akuntabilitas.
Dalam kerangka konsep struktur organisasi banyak
dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor internal yang
mempengaruhi antara lain :
ü
Visi dan Misi organisasi
ü
Strategi Organisasi
ü
Model kepemimpinan (leadership model)
ü
Kebijakan maupun prosedur
ü
Budaya organisasi
Faktor eksternal yang
mempengaruhi disain struktur organisasi antara lain :
ü
Pelanggan
ü
Supplier
ü
Pemerintah
ü
Aturan formal, hukum dan perundangan
ü
Teknologi Manajemen
ü
Dan stakeholder lainnya (masyarakat, komunitas dll).
Kesemua faktor tersebut sangat mempengaruhi proses
disain organisasi. Tentunya disain organisasi yang baik akan mempertimbangkan
semua faktor tersebut sampai terbentuknya struktur organisasi yang efektif dan
efisien.
SUMBER :
Perubahan yang Direncanakan [Diakses 8 Mei]
Perubahan yang Struktural [Diakses 8 Mei]
0 comments:
Posting Komentar