Selasa, 08 Mei 2012

Mengelola Perubahan Organisasi II


Mengelola Perubahan Organisasi

Perubahan Proaktif (yang Direncanakan)
Melalui pelaksanaan berbagai investasi waktu dan sumber daya lainnya yang berarti untuk mengubah cara-cara operasi organisasi. Pendekatan ini mengantisipasi perubahan-perubahan dalam lingkungan internal dan eksternal, melibatkan keterikatan waktu dan sumber daya lebih besar, memerlukan ketrampilan dan pengetahuan yang lebih bagi kesuksesan implementasinya dan dapat menimbulkan masalah-masalah yang lebih besar bila implementasinya gagal. Karena kompleksitas dan kecepatan perubahan yang terjadi, manajer harus lebih memahami  pentingnya dan menggunakan perubahan organisasi yang direncanakan.

Perubahan yang Struktural
Salah satu cara membentuk struktur organisasi adalah dengan membuat disain organisasi (organization design). Disain organisasi sendiri merupakan pembentukan peran (roles), aktifitas pengolahan (process), dan bentuk hubungan formal (formal relationship) dalam suatu organisasi. Didalamnya, ada pengembangan struktur keseluruhan di dalam organisasi baik unit maupun sub-sub unitnya, serta definisi peran dan proses yang lebih detil dalam unit maupun sub unit tersebut.
Di dalam pembentukan struktur organisasi itu sendiri, ada beberapa prinsip dasar yang harus dimiliki oleh struktur organisasi tersebut, diantaranya :
a.        Struktur organisasi memberi prioritas pada pelanggan kunci (key customer priorities)
b.        Struktur tersebut mampu mengurangi dan menghilangkan duplikasi organisasi
c.        Struktur menyederhanakan lapisan manajemen di dalam organisasi.
d.        Struktur organisasi dapat meningkatkan saluran komunikasi (channel of communication) di dalam organisasi.
e.        Struktur organisasi tersebut memberikan peran, tanggungjawab yang jelas serta memiliki akuntabilitas.
Dalam kerangka konsep struktur organisasi banyak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor internal yang mempengaruhi antara lain :
ü  Visi dan Misi organisasi
ü  Strategi Organisasi
ü  Model kepemimpinan (leadership model)
ü  Kebijakan maupun prosedur
ü  Budaya organisasi
Faktor eksternal yang mempengaruhi disain struktur organisasi antara lain :
ü  Pelanggan
ü  Supplier
ü  Pemerintah
ü  Aturan formal, hukum dan perundangan
ü  Teknologi Manajemen   
ü  Dan stakeholder lainnya (masyarakat, komunitas dll).
Kesemua faktor tersebut sangat mempengaruhi proses disain organisasi. Tentunya disain organisasi yang baik akan mempertimbangkan semua faktor tersebut sampai terbentuknya struktur organisasi yang efektif dan efisien.

SUMBER :
Perubahan yang Direncanakan [Diakses 8 Mei]
Perubahan yang Struktural  [Diakses 8 Mei]

0 comments:

Posting Komentar